Selain Untuk Makanan, Ini “Kegunaan Lain” Mecin yang Tak Banyak Orang Tahu

Mecin dikenal luas sebagai penyedap masakan. Namun, orang-orang masih meributkan apakah mecin alias vetsin alias monosodium glutamate (MSG) berbahaya bagi tubuh manusia atau tidak. Bahkan, tak sedikit orang yang percaya vetsin itu membuat orang bodoh.
Namun, tak banyak yang tahu vetsin memiliki manfaat untuk makhluk hidup lain, yakni tanaman. Di kalangan pecinta bercocok tanam, vetsin menjadi salah satu ‘pupuk’ yang kerap digunakan.

Tak banyak yang tahu, vetsin biasanya digunakan untuk menyuburkan tanaman, khususnya tanaman bunga dan hias. Entah sejak kapan dan siapa yang memulai pertama kali tidak diketahui secara pasti.
Mengapa mecin bisa menyuburkan tanaman? agen poker online terpercaya Indonesia


Kesuburan tanaman tergantung dari beberapa faktor, antara lain kondisi tanah, unsur hara, air, dan pupuk dan sebagainya. Nah, mecin merupakan garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu jenis asam amino non-esensial. Jika dilihat dari kandungannya, mecin terdiri dari unsur hara.  bandar kiu

MSG mengandung senyawa C, H, O, N, dan Na yang diyakini bisa membantu menyuburkan tanaman dengan merangsang pertumbuhan bagian tanaman, seperti batang, cabang, dan daun.

Dikutip dari laman gemaperta.com, adapun manfaat unsur-unsur dalam senyawa MSG itu, antara lain:

1. Karbon (C)

Karbon merupakan unsur penting dalam fotosintesis tanaman dengan bantuan sinar matahari. Tanaman mengambil karbon dari alam melalui daun dan akar dalam bentuk senyawa CO2 ( karbondioksida) dan senyawa karbon lainnya. Bahan organik dalam tanaman yang dibentuk karbon seperti bahan bahan kering dari tanaman, misalnya kulit kayu, kulit buah dan lainya.

2. Oksigen (O)

Oksigen diserap tanaman dari udara oleh daun dan dari tanah oleh akar berupa senyawa CO2 dan H2O (air). Fungsinya juga sebagai pendukung pembangun bahan organik tanaman dan bernafas.

3. Hidrogen (H)

Hidrogen merupakan elemen pokok pembangunan bahan organik selain karbon dan oksigen. Tanaman menyerap hidrogen sumbernya dari air BandarQ

4. Nitrogen (N)

Diambil dan diserap oleh tanaman dalam bentuk senyawa NO3- NH4+. Fungsi utama Nitrogen bagi tanaman adalah:
-Diperlukan untuk pembentukan atau pertumbuhan bagian vegetatif tanaman, seperti daun, batang, dan akar.
-Berperan penting dalam hal pembentukan hijau daun atau klorofil yang berguna sekali dalam proses fotosintesis.
-Membentuk protein, lemak dan berbagai persenyawaan organik.
-Meningkatkan mutu tanaman penghasil daun-daunan.
-Meningkatkan perkembangbiakan mikro-organisme di dalam tanah. Mikroorganisme dalam tanah sangat bermanfaat dalam memacu pembentukan unsur hara yang bermanfaat bagi tanaman.

5. Natrium (Na)

Manfaat unsur Natrium berperan dalam pembentukan stomata pada daun pembentukan umbi, mencegah pembusukan , dan dapat menggantikan peran unsur K (Kalium). Tanaman yang menunjukakan gejala kekurangan kalium dapat diperbaiki pertumbuhannya dengan adanya unsur hara Natrium. (ita)  judi domino

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Viral Foto Dosen Korea Cantik dan Seksi, Siapa yang Mau Diajar?

Keponakanku Pemuas Nafsuku

Tips Merawat Kulit Bibir yang Tipis dan Sensitif